Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pocong Gaul Bergentayangan

Kompas.com - 15/01/2012, 02:17 WIB

Budi Suwarna & Nur Hidayati

Pocong masih terus ”bergentayangan” di dunia perfilman Indonesia. Namun, sosok dan citranya dipermak habis-habisan. Pocong yang dulunya seram kini muncul dalam wujud yang imut, gaya, dan kadang galau.

Tengoklah sosok pocong dalam film Pocong Kesetanan. Si pocong berwajah ganteng meski sudah dibungkus kain kafan. Dia mengenakan kaca mata gaul dan eksis di jejaring media sosial. Untuk menegaskan ”gaya hidupnya” yang berubah urban, si pocong berkata, ”Pocong zaman sekarang tuh seperti gue. Kece dan eksis di Twitter.”

Bukan Pocong Biasa menampilkan pocong bersepatu roda. Apa alasannya? Ternyata si pocong kelelahan kalau harus mengejar manusia dengan melompat-lompat. Maka, dia gunakanlah sepatu roda. Pocong di film ini mengikuti perkembangan tren gaya hidup dan dunia hiburan. Si pocong yang bibirnya ditindik itu lihai menarikan tari kejang (breakdance) dan doyan menonton film horor di televisi sambil duduk di sofa empuk.

Di film pocong lainnya muncul pocong berwarna merah jambu, pocong imut, pocong galau, dan pocong labil karena sebentar jadi pocong, sebentar jadi kuntilanak. Ada juga pocong penakut di Poconggg Juga Pocong yang justru jadi korban kejahilan jenis setan lainnya.

Keangkeran dan keseraman pocong sekarang memang dilucuti habis-habisan. Bahkan, pocong yang sebelumnya digambarkan digdaya, menggetarkan, dan sulit diatasi manusia, kini berubah jadi tak berdaya. Pocong, misalnya, bisa tersandung atau terantuk portal jalan ketika sedang melompat. Pocong juga bisa ditangkap dan dihajar manusia hingga babak belur dan kain kafannya compang-camping.

Gope T Samtani dari Rapi Film yang rajin memproduksi film pocong mengatakan, film pocong sekarang dibuat untuk lucu-lucuan. Itu sebabnya, film pocong produksi Rapi kerap melibatkan pelawak seperti Aziz Gagap dalam Pocong Ngesot dan Kepergok Pocong.

Tren komedi pocong, kata Gope, akan bertahan tahun 2012, apalagi film Poconggg Juga Pocong produksi Maxima Pictures laris manis di pasaran. Menurut catatan Persatuan Produser Film Indonesia, film ini ditonton 611.290 orang. Untuk film bergenre horor tahun 2011, raihan penonton film ini hanya bisa dikalahkan film Arwah Goyang Karawang yang mencatat 725.414 penonton.

Gope mengatakan, tahun lalu dia memproduksi dua film pocong. Tahun ini, dia akan memproduksi film pocong lagi yang proses shooting-nya dimulai Februari.

Pocong urban

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com