Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KRD Way Umpu Akhirnya Segera Dioperasikan

Kompas.com - 11/01/2012, 20:45 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com- Setelah tertunda cukup lama, moda Kereta Rel Diesel (KRD) Way Umpu yang melayani rute Bandar Lampung-Way Kanan, Provinsi Lampung, segera dioperasikan. Peluncuran operasi perdana KRD akan dilakukan pertengahan bulan ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Berlian Tihang, Rabu (11/1/2012), mengungkapkan, kepastian soal jadwal pengoperasian KRD sumbangan Kementerian Perhubungan ini akan ditentukan dalam empat hari ke depan. Pihaknya berencana mengundang Menteri Perhubungan EE Mangindaan untuk meresmikan pengoperasian kereta ini.

Sebelumnya, KRD yang terbuat dari bahan baja ringan dan dilengkapi fasilitas pendingin udara ini dijadwalkan dioperasikan pada Lebaran tahun lalu. Namun, karena terkendala proses tender pengiriman dan pembuatan ornamen kereta, itu terus tertunda-tunda hingga sekarang.

Proses tender pengiriman KRD ini sempat menemui kendala ketika sejumlah perusahaan peserta tender menolak hasil tender dan melakukan sanggahan ke Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Sebab, ditengarai terjadi KKN dalam proses tender yang dimenangkan PT Indonesia Celebes Raya.

Terlepas dari persoalan itu, keberadaan KRD ini sangat dinanti publik. Keberadaan KRD ini akan mempersingkat waktu tempuh dari Bandar Lampung ke Blambangan Umpu Way Kanan dari rata-rata 7 jam melalui mobil, menjadi hanya 2,5-3 jam dengan adanya KRD.

Bahkan, baliho besar berisikan ucapan selamat atas pengoperasian KRD ini sudah terpampang di kawasan Tugu Adipura, lengkap dengan foto Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P, Bupati Way Kanan Bustami Zainudin dan Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com