Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Sekitar Rumah Foke Ikut Tumbang

Kompas.com - 06/01/2012, 14:11 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo meminta Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI beserta para kepala suku dinas untuk kembali melakukan pemeriksaan dan pengecekan pada pohon-pohon yang ada di lima wilayah Jakarta. Hal itu mengingat kemarin banyak pohon tumbang di Jakarta saat hujan lebat.

"Saya minta kepala sudin di tiap wilayah harus lebih banyak keliling dan melakukan reinventarisasi dari apa yang sudah dikerjakan," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, seusai shalat Jumat di Balaikota, Jakarta, Jumat (6/1/2012).

Dia juga mengatakan, pohon-pohon yang ada di Jakarta ini tampaknya sehat dan berakar kuat, tetapi sebenarnya bagian bawahnya sudah keropos sehingga mudah sempal. Begitu pula dengan pohon-pohon yang berada di dekat Taman Suropati yang dekat dengan kediamannya.

"Di tempat saya ada beberapa yang roboh. Karena kekuatan angin kemarin memang sangat kuat walaupun tidak sekuat saat malam takbiran 2010 lalu," ujarnya.

Sementara untuk kendaraan-kendaraan yang tertimpa pohon-pohon tumbang, Foke menganjurkan kepada warga Jakarta untuk segera melaporkan ke Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Catharina Suryowati mengatakan, warga yang menjadi korban pohon tumbang dapat mengajukan ganti rugi ke kantornya di Jalan Aipda KS Tubun. Dengan syarat menyertakan bukti foto dan surat kecelakaan dari polisi.

"Nanti kami yang segera mengurus ke pihak asuransi. Paling tidak lamanya dua pekan pengurusannya. Maksimal ganti rugi sebesar Rp 10 juta," jelasnya.

Sementara bagi warga yang ingin melaporkan kejadian pohon tumbang, dapat menghubungi nomor 021 53674133 dan 021 532 8454. Selain itu masih ada lagi 42 nomor telepon di kecamatan lima wilayah DKI, bagi warga yang ingin melapor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com