Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bea Cukai Kediri Lampui Target

Kompas.com - 03/01/2012, 18:55 WIB
Runik Sri Astuti

Penulis

KEDIRI, KOMPAS.com- Realisasi penerimaan bea masuk dan cukai di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Kediri tahun 2011 mencapai Rp 15,756 triliun atau 100,42 persen dari target penerimaan yang ditetapkan oleh pemerintah pusat sebesar Rp 15,690 triliun.

Pelaksana Harian Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Kediri Latif Helmi, Selasa (3/1/2012), mengatakan, kontribusi terbesar penerimaan bea masuk dan cukai berasal dari Cukai Hasil Tembakau (CHT). Nilainya mencapai Rp 15,754 triliun atau 99,98 persen dari besaran penerimaan selama  tahun 2011. Sisanya itu berasal dari penerimaan cukai lain dan bea masuk.

"Adapun sumber penerimaan cukai hasil tembakau terbesar di wilayah Kediri berasal dari PT Gudang Garam Tbk dengan nilai 99,78 persen dari CHT," ujarnya.

Jumlah perusahaan rokok yang eksis di wilayah Bea Cukai Kediri hingga Desember 2011 mencapai 137 pabrik. Mereka tersebar di wilayah Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Jombang. Kebanyakan merupakan pabrik rokok skala industri kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com