Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Pilkada Aceh, Mabes Polri Kirimkan Pasukan

Kompas.com - 03/01/2012, 17:38 WIB
Maria Natalia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sejumlah peristiwa penembakan dan kekerasan yang terjadi di Aceh belakangan ini dikhawatirkan akan memengaruhi jalannya proses pilkada di Aceh pada Februari mendatang. Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution menyatakan, pihaknya akan mengirimkan pasukan tambahan ke Aceh untuk membantu pengamanan jelang pilkada.

Sekitar 780 pasukan akan ditambahkan Markas Besar Polri ke Aceh. Jumlah tersebut, kata Saud, bisa bertambah jika dibutuhkan lebih banyak lagi oleh Polda Aceh. "Diharapkan proses pilkada di Aceh berjalan tertib dan tidak ada gangguan," ujar Saud, di Jakarta, Selasa (3/1/2012).

Bantuan pasukan juga akan dikirim dari daerah-daerah yang terdekat dengan Aceh. Oleh karena itu, kata Saud, masyarakat Aceh tak perlu khawatir terkait pengamanan selama pilkada berlangsung. "Jadi tidak ada alasan pilkada tidak berjalan karena faktor keamanan, karena kami siap mengirimkan pasukan," tutur Saud.

Sementara itu, ditanya perkembangan penelusuran pelaku penembakan di Aceh, kata Saud, saat ini pihaknya masih bekerja untuk melacak pelaku. Sketsa pelaku penembakan, kata dia, belum dapat disebarkan untuk mencegah pelaku kabur dari Aceh. "Untuk sketsanya belum bisa. Ini untuk kepentingan penyidikan dulu. Tim kami sedang bekerja. Indikasi pun masih dalam proses penyidikan dan dalam waktu dekat dapat segera terungkap ketiga kasus tersebut," tegasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com