Minggu, 21 September 2014

News / Regional

Mobil Rakitan Anak-anak SMK Ganti Camry Jokowi

Senin, 2 Januari 2012 | 22:41 WIB

Terkait

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi mengganti mobil dinasnya dengan mobil yang baru. Untuk mengganti Toyota Camry yang selama ini setia menemaninya, mulai Selasa (3/1/2012), Jokowi akan menggunakan mobil Kiat Esemka. Bukan sembarang mobil, Kiat Esemka adalah rakitan anak-anak SMK di Solo.

"Karena mobil ini bikinan anak SMK di Solo. Dari segi desain, kualitas maupun mesinnya, mobil ini menang semuanya. Mau mobil Amerika, Jepang, tetep apik iki," ujarnya seusai serah terima mobil Kiat Esemka di Balai Kota Solo, Senin (2/1/2012) tadi.

Berdasarkan spesifikasinya, mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) berbahan bakar bensin tersebut memiliki panjang 4,8 meter, lebar 1,74 meter, tinggi 1,84 meter dan mampu memuat 7 penumpang. Mesin mobil tersebut menggunakan mesin berseri SK EV 1.5 Injection, memiliki kapasitas 1.500 cc dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 102 PK. Mobil baru Jokowi tersebut memiliki 5 transmisi kecepatan dan 1 gigi mundur dan mampu digeber dengan kecepatan maksimal hingga 180 km/jam.

Sebagai awalan, mobil tersebut akan digunakan sebagai mobil dinas wali kota dan wakil wali kota terlebih dahulu. Namun, dirinya tidak menutup kemungkinan mobil lokal tersebut akan diproduksi secara massal.

"Kalau izin sudah komplit, bisa jadi industri. Komponennya dibuat industri rumahan, dirakitnya di pabrik oleh anak-anak SMK," lanjutnya.(Tribun Jogja/Ade Rizal Avianto)


Editor : Tri Wahono
Sumber: