Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Enam Tewas dalam Kecelakaan Bus Sumber Kencono

Kompas.com - 01/01/2012, 05:53 WIB

MADIUN, KOMPAS.com - Sedikitnya enam orang tewas dan belasan lainnya luka-luka akibat kecelakaan lalu lintas antara Bus Sumber Kencono dengan sepeda motor di Jalan Raya Madiun-Surabaya di Desa Jeruk Gulung, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Minggu dini hari (1/1/2012).

Saksi mata yang juga penumpang bus yang selamat, Pardi, mengatakan, sebelum kejadian laju Bus Sumber Kencono bernomor polisi W 7727 UY sangat kencang. Diduga bus nahas tersebut terlibat saling salip dengan Bus Sumber Kencono lainnya,

"Saat itu bus melaju dari arah Nganjuk menuju Madiun. Bus kencang banget seperti mau mengejar bus Sumber Kencono lainnya yang ada di depannya. Tiba-tiba di lokasi kejadian, bus mencoba mendahului kendaraan di depannya dan pas di depan ada sepeda motor," ujar Pardi yang merupakan warga Kabupaten Purwodadi, Jawa Tengah, ini.

Setelah itu, ia tidak tahu lagi, karena tiba-tiba bus sudah terguling dan menghantam warung yang ada di pinggir jalan. Beruntung ia hanya mengalami luka ringan akibat benturan-benturan.

Kapolres Madiun, AKBP Nanang Juni Mawanto, membenarkan kejadian kecelakaan ini. Hingga kini pihaknya masih konsentrasi menangani korban luka dan tewas untuk dievakuasi di rumah sakit terdekat.

"Korban meninggal di lokasi ada enam orang, sedangkan korban luka masih belum tahu. Saat ini semuanya sudah kami evakuasi ke Rumah Sakit Caruban, Kabupaten Madiun," ujar AKBP Nanang.

Menurut dia, berdasarkan hasil pemeriksaan sementara di lokasi kejadian, kecelakaan ini disebabkan karena laju bus yang sangat kencang. Hal ini diketahui dari persneling bus yang berada pada posisi gigi enam. Namun, pihaknya belum memintai keterangan dari sopir bus.

"Kami belum memeriksa sopir bus, karena ia masih terluka. Demikian juga dengan pengendara sepeda motor. Untuk sementara, korban tewas juga masih diotopsi di ruang instalasi jenazah Rumah Sakit Caruban," katanya.

Akibat kecelakaan ini, arus lalu lintas di Jalan Raya Madiun-Surabaya sempat mengalami kemacetan. Hal ini karena posisi bangkai bus yang terguling dan memakan sebagian badan jalan.

Polisi juga sempat memberlakukan sistem buka tutup jalan untuk mengatasi kemacetan. Setelah beberapa jam, arus lalu lintas kembali berjalan normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com