Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Perkirakan Trafik Naik Hingga 40 Persen

Kompas.com - 29/12/2011, 18:19 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.COM - Kiriman ucapan "Selamat Tahun Baru" dengan menggunakan fitur-fitur ataupun gambar saat ini marak dilakukan masyarakat melalui telepon genggam. Seiring dengan semakin meningkatnya kebutuhan tersebut maka Telkomsel melakukan rangkaian peningkatan optimalisasi jaringan.

Menjelang perayaan Tahun Baru 2012, Telkomsel telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringan untuk mengakomodasi trafik komunikasi pada malam tahun baru yang diperkirakan akan meningkat 20 persen hingga 40 persen dibandingkan hari normal.  

Di Bali, peningkatan kapasitas jaringan difokuskan di daerah Kuta dan Seminyak yang menjadi pusat digelarnya berbagai aktivitas menyambut tahun baru. Untuk wilayah Nusa Tenggara Barat, peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di Pulau Bima, sedangkan di Pulau Lombok perluasan jangkauan jaringan diintensifkan.

Khusus Nusa Tenggara Timur, fokus peningkatan kapasitas jaringan dilakukan di Kota Kupang dan sekitarnya.  

Dengan upaya optimalisasi jaringan yang sudah dilakukan tersebut, pada periode Natal tahun ini (24 dan 25 Desember 2011), Telkomsel mampu mengantisipasi peningkatan trafik layanan komunikasi yang terjadi di Bali Nusra dengan baik.

Trafik layanan data pada Natal 2011 tercatat 4,5 Tera Byte, melonjak sekitar 28 persen dibandingkan trafik layanan data yang setiap harinya rata-rata 3,5 Tera Byte. Peningkatan trafik juga terjadi pada layanan suara yang mencapai 867.000 erlang atau meningkat sekitar 16 persen dibandingkan trafik hari normal sebesar 749.000 erlang.

Sementara itu, trafik SMS yang dilayani pada Natal tahun ini relatif sama seperti hari biasa, yakni 15 juta SMS setiap harinya.  

GM Network Operations Telkomsel Regional Bali Nusra Ustriklanov Z. Titus berjanji memaksimalkan layanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com