Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Akhir Tahun, Beras Terkendali

Kompas.com - 22/12/2011, 08:35 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua DPD Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia, Nellys Soekidi, mengatakan tidak ada gelojak harga dan peningkatan permintaan beras yang signifikan menjelang Natal dan Tahun Baru.

"Konsumsi beras di bulan Desember khususnya Natal dan Tahun Baru, belajar dari pengalaman nggak ada peningkatan," ujar Nellys di sela-sela kunjungan sejumlah menteri ke Pasar Beras Induk Cipinang, Jakarta, Kamis ( 22/12/2011 ). Stok yang masih aman ditandai dengan masuknya 2.000-3.000 ton beras per hari ke pasar induk tersebut.

Kalau pun ada penurunan hingga 1.500 ton pada akhir minggu, Nelly menilai hal itu wajar karena kondisi akhir pekan.

Sementara untuk harga, tidak ada kenaikan yang signifikan. Di pasar Cipinang, beras IR 64 kualitas 3 yang harganya masih berkisar Rp 6.300 hingg Rp6.400. Kalaupun ada gejolak, pemerintah bisa mempunyai opsi kebijakan yakni operasi pasar untuk mengendalikan harga.

Dalam kunjungan ke pasar ini, hadir Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri BUMN Dahlan Iskan, Menteri Pertanian Suswono, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Kepala Bulog Soetarto Alimoeso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com