Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Perahu Wisata Sambut Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 21/12/2011, 09:09 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com -- Pengelola perahu wisata di kawasan Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal, Jawa Tengah, mulai bersiap menyambut para pengunjung pada libur sekolah akhir tahun. Mereka menyiapkan pelayanan perahu setiap hari, dari yang sebelumnya hanya pada Sabtu dan Minggu.

Riyanto, pengelola perahu wisata di kawasan PAI mengatakan, persiapan antara lain dilakukan dengan memperbaiki perahu. Dari delapan perahu wisata yang berada di kawasan obyek wisata tersebut, tiga unit perahu telah diperbaiki.

Selain itu, para pengelola perahu wisata juga membenahi perlengkapan dan peralatan pengaman bagi penumpang, seperti pelampung.

"Kalau sedang ramai, delapan perahu kami keluarkan semua, tetapi kalau kondisi biasa, paling satu hingga dua perahu," kata Riyanto, Rabu (21/12/2011).

Hingga saat ini, jumlah pengunjung wisata PAI yang memanfaatkan jasa perahu wisata masih stabil. Riyanto memperkirakan, hal itu sebagai dampak cuaca hujan, yang mengakibatkan masyarakat enggan ke pantai. Oleh karena itu, hingga saat ini para pengelola perahu wisata belum menaikkan harga tiket perahu wisata, yaitu Rp 5.000 per orang.

Para pengelola perahu wisata dan para pelaku usaha di kawasan PAI berharap agar pemerintah membentuk Tim SAR secara resmi, guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan pengunjung. Selama ini apabila terjadi kecelakaan, seperti orang tenggelam, biasanya masyarakat pelaku usaha yang bergerak pertama untuk menolong korban. Padahal, kecelakaan pengunjung sering kali terjadi di PAI.

Dengan adanya Tim SAR yang siaga di pinggir pantai, diharapkan penanganan kecelakaan pengunjung bisa lebih cepat. Terlebih menjelang Natal dan Tahun Baru, ketika jumlah pengunjung di kawasan wisata itu melonjak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com