Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beras Miskin ke-13 Disalurkan

Kompas.com - 18/12/2011, 19:25 WIB
Siwi Nurbiajanti

Penulis

TEGAL, KOMPAS.com - Beras miskin (raskin) ke-13 di wilayah eks Karesidenan Pekalongan (meliputi Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Tegal, Brebes, Pemalang, Pekalongan, dan Batang) akan mulai disalurkan Senin (19/12/2011) besok.

Penyaluran beras miskin dimaksudkan untuk membantu menekan harga beras, agar tidak terjadi lonjakan harga menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2012.

Kepala Bulog Sub Divre VI Pekalongan, Fasika Khaerul Zaman mengatakan, delivery order (DO) atau dokumen yang berfungsi sebagai surat perintah penyerahan barang, sudah dikeluarkan sejak Jumat lalu. Sementara penyaluran beras akan dimulai pada Senin pekan ini. "Senin sudah jalan semua (penyaluran beras)," ujarnya.                  

Menurut dia, volume raskin yang disalurkan untuk tujuh kabupaten/kota di wilayah eks Karesidenan Pekalongan mencapai 9.806 ton per bulan. Menjelang Natal dan Tahun Baru, lanjutnya, masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersediaan beras.

Saat ini, persediaan beras di gudang Bulog Sub Divre VI Pekalongan masih sekitar 33.200 ton, dan cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran beras miskin hingga Maret 2012.

Sementara itu untuk menghindari penimbunan bahan pangan menjelang Natal dan Tahun Baru, Pemkot Tegal akan melakukan inspeksi pada gudang-gudang milik pedagang bahan pangan. Wali Kota Tegal, Ikmal Jaya mengatakan, pemerintah juga akan melakukan inspeksi terhadap penjualan makanan dan parcel, untuk mengindari penjualan makanan kadaluwarsa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com