Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Pudak, Embrio Kampung Pangan Terpadu

Kompas.com - 15/12/2011, 18:29 WIB
Irma Tambunan

Penulis

JAMBI, KOMPAS.com - Desa Pudak di Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muaro Jambi, menjadi percontohan bagi pengembangan kawasan-kawasan pangan terpadu di Provinsi Jambi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Syahrasad din mengatakan, Desa Pudak telah tumbuh menjadi sentra penanaman padi, hortikultura, serta budidaya perikanan dan peternakan.

"Kampung ini menjadi lumbung pangan bagi Jambi," katanya, di Jambi, Kamis (15/12/2011).

Untuk itu, pihaknya mengembangkan kampung ini agar kegiatan antar subsektor dapat saling mendukung. Pihaknya juga memperbaiki infrastruktur di Desa Pudak, yang pada Februari tahun depan akan dikunjungi Presiden SBY.

Pengembangan kawasan terpadu pangan bertujuan mengatasi pertumbuhan penduduk di Jambi yang sangat cepat. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi, peningkatan jumlah penduduk sebesar 2,8 persen, melampaui target pemerintah 2,2 persen . Sebagian konsumsi pangan daerah masih ditopang produksi dari luar Jambi.

"Meski begitu, pihaknya belum dapat tegas mengatasi alih fungsi lahan pangan. Walaupun sudah ada undang-undang yang mengatur keberadaan lahan pangan abadi, daerah belum dapat menerapkan secara tegas. Belum ada Perda-nya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com