Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri: Kasus Sungai Sodong Sudah Selesai

Kompas.com - 15/12/2011, 14:17 WIB
Irene Sarwindaningrum

Penulis

PALEMBANG, KOMPAS.com- Bagi Kepolisian Daerah Sumatera Selatan, kasus konflik warga dengan perkebunan kelapa sawit yang menewaskan tujuh orang, April lalu telah selesai.

Berkait kasus itu, Polda Sumsel menetapkan enam tersangka terkait bentrokan di Sungai Sodong, Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, itu. Para tersangka terdiri dari lima karyawan PT Sumber Wangi Alam (SWA) dan satu tersangka dari warga.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombes Sabaruddin Ginting, Kamis (15/12/2011), mengatakan, lima karyawan itu tersangka perkara pembunuhan dua warga Sungai Sodong yang tewas sebelum bentrokan terjadi. Adapun satu tersangka dari warga Sungai Sodong diduga pelaku pembunuhan dan pembawa senjata tajam.

"Tersangka dari warga sudah divonis di Pengadilan Kabupaten Ogan Komering Ilir. Lima tersangka dari perusahaan masih dalam proses persidangan," katanya.

Menurut Sabaruddin, pelaku-pelaku lainnya masih dalam penyelidikan dan daftar pencarian orang. Kasus ini juga telah berusaha diselesaikan dengan perundingan antara warga, pemerintah kabupaten, dan PT SWA.

Seperti diberitakan, 200 warga Sungai Sodong menyerbu kompleks perumahan PT SWA. Dalam bentrok tersebut, dua orang pekerja PT SWA dipenggal dan tiga lainnya dibunuh oleh warga yang marah atas kematian dua warga sebelumnya.

Dua warga Desa Sungai Sodong tewas beberapa jam sebelum bentrok diduga karena dibunuh oleh sejumlah petugas pengamanan PT SWA yang saat itu tengah memanen kelapa sawit di lahan yang masih menjadi konflik.

Sabaruddin mengatakan, tidak ada personil kepolisian yang terlibat dalam bentrokan itu. Ia menilai ada upaya mendramatisasi dalam pemberitaan pembunuhan di Mesuji. Pemberitaan menggabungkan dua kasus berbeda terkait tempo delicti dan locus delicti serta masyarakat dan perusahaan yang berbeda.

"Tampaknya ada upaya mendramatisir supaya kasus Lampung terlihat sangat luar biasa dengan menggabung-gabungkan foto dan video perbuatan keji seolah-olah dilakukan petugas Polri. Padahal untuk kasus Sungai Sodong, tak ada personil Polri yang terlibat," katanya melalui pesan pendek.

Tim Komnas HAM pun telah turun ke Mesuji, Sumsel, usai bentrokan pada April lalu dan tak menemukan bukti keterlibatan personil kepolisian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com