Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM Sudah Selidiki Mesuji

Kompas.com - 15/12/2011, 11:41 WIB
Kris R Mada

Penulis

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pernah mengirimkan tim untuk menyelidiki insiden di Kecamatan Mesuji, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan. Hasilnya, tim menemukan konflik di sana.

Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Nurkholis, mengatakan, tim ke Mesuji pada April 2011. Tim ke sana setelah ada bentrokan yang menewaskan tujuh orang. "Kami menemukan konflik dan sudah membuat rekomendasi tindak lanjut," katanya kepada Kompas, Kamis (15/12/2011).

Sebelumnya, pengacara Todung Mulya Lubis mendesak Komnas HAM mengusut dugaan pembantaian Mesuji. Dugaan itu meluas setelah sejumlah perwakilan marga Megoupak melapor ke Komisi III DPR, Rabu kemarin.

Dalam laporan itu, warga antara lain menunjukkan video pembunuhan beberapa warga. Nurkholis mengatakan, konflik pada April 2011 adalah antara warga dan karyawan perusahaan perkebunan. Bentrok itu bermula dari penemuan dua mayat warga di dalam kawasan perkebunan. Warga marah dan mendatangi kantor perusahaan. Akibatnya, terjadi bentrok dan menimbulkan lima korban jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com