Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aliansi Sesalkan Pelaku di Mesuji Hanya Dihukum Disiplin

Kompas.com - 14/12/2011, 20:06 WIB
Yulvianus Harjono

Penulis

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.com - Aliansi Solidaritas Masyarakat untuk Mesuji yang terdiri dari unsur aktivis NGO, akademisi, dan pers, menyayangkan keputusan Kepolisian Daerah Lampung yang hanya memberikan sanksi disiplin bagi para oknum polisi pelaku penembakan warga dalam bentrok di Mesuji, 10 November silam.

Indra Firsada, perwakilan dari Aliansi Solidaritas Masyarajat untuk Mesuji, Rabu (14/12/2011) mengatakan, dua oknum Brimob pelaku penembakan dalam bentrok di Mesuji, yaitu Ajun Komisaris Wetman Hutagaol dan Ajun Insepektur Dua Dian Permana hanya diberi sanksi disiplin berupa mutasi dan penundaan kenaikan pangkat serta gaji.

"Seharusnya kasus ini masuk dalam ranah pidana karena merupakan bentuk pelanggaran HAM," ujar dia kemudian.

Ia menambahkan, kasus kekerasan oleh aparat bersenjata yang dipicu konflik sengketa kepemilikan tanah antara warga dan sejumlah perusahaan sawit beberapa kali terjadi di Lampung dan Sumsel akhir-akhir ini.

Ia menyayangkan sikap polisi yang telah "diperalat" menjadi tameng bagi para perusahaan untuk berlindung dari konflik dengan warga. Untuk itu, ia mendesak Kepala Polri untuk segera menarik seluruh aparat Polri khususnya pasukan Brimob, dari lokasi aset-aset perusahaan ekstratktif guna mencegah pertikaian berdarah serupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com