Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Roboh Saat Pemasangan Balok

Kompas.com - 11/12/2011, 12:16 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian ruas Jembatan Marunda yang sedang dibangun di atas Kali Marunda, Jakarta Utara pada Minggu (11/12/2011) pagi roboh. Jembatan roboh saat dilakukan pemasangan girder atau balok pada strukturnya. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Novizal, mengatakan peristiwa itu terjadi pada pukul 03.00 WIB. "Sekitar pukul 03.00 tadi ada bagian jembatan yang sedang dibangun di atas Kali Cakung rubuh," ungkap Novizal, saat dihubungi Minggu siang.

Novizal mengatakan peristiwa itu terjadi saat memasang girder (balok jembatan) pada Minggu dini hari. Saat itu pekerja sedang meletakkan balok jembatan ke-enam yang panjangnya 30,8 meter. "Tapi, karena posisinya tidak sempurna jembatan itu miring dan terguling, lalu menimpa lima balok lainnya yang ada di samping balok itu," ungkap Novizal.

Kini, petugas kontraktor sedang membersihkan puing-puing bekas kejadian itu. Saat ditanyakan apakah ada unsur kelalaian dalam kasus ini, Novizal mengaku pihaknya masih mendalami kasus ini. "Ini murni tanggung jawab kontraktor. Kalau ada kelalaian, kami akan dalami," ujarnya.

Adapun, jembatan Marunda ini dibangun persis di depan rumah susun Marunda. Jembatan ini akan memiliki panjang 120 meter dengan ketinggian 8-10 meter. Ditargetkan pada akhir tahun 2011 ini, jembatan selesai dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com