Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Penyandang Tuna Rungu Bersepeda Jakarta-Bali

Kompas.com - 11/12/2011, 09:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 9 penyandang tuna rungu menjelajah Jakarta-Bali dengan menggunakan sepeda. Mereka berangkat dari Dukuh Atas, Jakarta Pusat, pukul 08.00 WIB, Minggu (11/12/2011) dan diharapkan sampai di Bali pada 1 Januari 2012.

Kesembilan penggowes yang juga penyandang tuna rungu tersebut adalah Rahma, Yunaram Siswadi, Rico, Sanisan Sanja, Ishak, Wahyu, Oyi, dan Alriyanto. Mereka akan menyusuri rute Jakarta, Bandung, Cirebon, Brebes, Pekalongan, Semarang, Magelang, Yogyakarta, Surakarta, Madiun, Ngawi, Jombang, Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Banyuwangi, Gilimanuk, Ketapang, dan Denpasar.

"Khusus Jakarta ke Bandung memakan waktu dua hari. Sedangkan di Bali kami akan menggowes sekitar tiga hari," kata Rahma, ketua perjalanan yang juga satu-satunya peserta wanita.

Meski tuna rungu, Rahma bisa berbicara dengan baik dan jelas. Dia kadang juga bisa membaca mimik lawan bicara. Hanya, dalam hal tertentu, dia mengajak berkomunikasi dengan tulisan lewat layar SMS.

Menurut Rahma, didampingi suami yang juga peserta, Yunara, kegiatan ini dilaksanakan karena desakan rekanrekannya. Semula, Rahma dan Yunara yang sesama tuna rungu, melakukan jelajah sepeda keliling Indonesia selama setahun. Berangkat pada 11 Agustus 2009 dan kembali lagi ke Jakarta pada 28 Oktober 2010.

Ternyata, petualangan mereka menginspirasi penderita tuna rungu lainnya. Maka, mereka pun menggelar jelajah sepeda Jakarta-Bali dengan peserta 9 penderita tuna rungu.

"Seperti yang kami lakukan dulu, kegiatan ini untuk mengampanyekan penggunaan sepeda. Selain itu, kami ingin memberi semangat kepada penderita tuna rungu lain bahwa kami bisa melakukan hal sama seperti halnya orang normal," jelas Yunara yang memiliki kata dan kalimat yang runtut dan cukup jelas.

Sementara itu Ketua Bike To Work, Toto Sugito mengatakan, pihaknya memberi dukungan moral dan semangat. Setiap perhentian, mereka akan disambut komunitas Bike To Work.

"Kami sudah menginformasikan hal ini ke cabang-cabang Bike To Work di semua tempat yang dilewati. Kita akan berusaha menyambut dan membuat keramaian, sehingga misi kampanye ini biar lebih efektif," kata Toto Sugito.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com