Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Disiapkan, 4 Jalur Evakuasi di Gunung Sindoro

Kompas.com - 08/12/2011, 09:02 WIB

TEMANGGUNG, KOMPAS.com – Menyusul meningkatnya status Gunung Sindoro dari aktif normal menjadi waspada level II, Pemerintah Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung mulai melakukan persiapan jalur evakuasi di empat titik.

Seperti dilansir Tribunnews.com, Kamis (8/12/2011), Camat Bansari, Singgih Purnomo mengungkapkan, wilayah Bansari merupakan wilayah terdekat dari kawasan puncak yang hanya berjarak sekitar lima kilometer. Jalur evakuasi juga sudah disiapkan antara lain, jalur selatan, dari Tlogowero - Mranggen Kidul - Balesari - Campur anom. Jalur evakuasi dua, dari Mranggen Tengah - Mojosari - Tanurejo - Parakan.

Jalur tiga, melalui Bansari - Gentingsari - Watukumpul - Mandisari (Parakan). Sedangkan jalur evakuasi empat, dari Candisari - Gunungsari - Balesari - Purborejo (Bansari) untuk dibawa lewat Klimbungan ke Karanggedhang.

"Dari semua jalur evakuasi itu yang mengalami kerusakan dari Gentingsari - Watukumpul sepanjang dua kilometer. Serta dari Tlogowero - Mranggen Tengah - Bansari sepanjang tiga kilometer. Tapi sekarang sedang ada upaya perbaikan," kata Singgih.

Berdasarkan cacatan yang ia miliki, di Kecamatan Bansari terdapat 13 desa yang semuanya berada di Lereng Gunung Sindoro. 13 desa tersebut dihuni 22.755 jiwa atau 6.925 keluarga (KK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com