Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus HIV/AIDS di Merauke Tidak Lagi Tertinggi

Kompas.com - 01/12/2011, 16:45 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com - Kabupaten Merauke kini tidak lagi menempati peringkat teratas tingginya kasus HIV/AIDS di Provinsi Papua. Namun penularan HIV/AIDS di Merauke tetap mengkhawatirkan.

Merauke sebelumnya merupakan kabupaten dengan jumlah kasus HIV/AIDS paling banyak tinggi di Papua. Data Dinas Kesehatan Papua menunjukkan, hingga triwulan ketiga tahun 2011, terdapat 10.522 kasus HIV/AIDS di Papua.

Jumlah kasus terbanyak kini ditemukan di Mimika yaitu 2.180 kasus. Di beberapa wilayah pedalaman seperti Paniai, Puncak Jaya, dan Jayawijaya, juga ditemukan banyak kasus HIV/AIDS dengan jumlah mencapai lebih dari 1.500 kasus.

Berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Merauke, tercatat jumlah total penderita HIV/AIDS di daerah itu sejak tahun 1992 hingga September 2011 sebanyak 1.353 orang. Adapun jumlah penderita HIV/AIDS yang telah meninggal tercatat 358 orang.

Selama tahun 2011 tercatat ada kasus HIV/AIDS baru sebanyak 96 kasus.

Kepala Pusat Kesehatan Reproduksi RSUD Merauke, Inge Silvia, menuturkan, Merauke berhasil menekan laju penyebaran HIV/AIDS dengan berbagai program yang dilakukan, seperti penyuluhan-penyuluhan yang terus gencar dilakukan.

Namun ia mengingatkan semua kalangan masyarakat di Merauke, agar selalu berhati-hati dan mewaspadai penyebaran HIV/AIDS. Saat ini HIV/AIDS telah menyebar di masyarakat umum, bukan hanya di kelompok berisiko tinggi.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com