Kamis, 31 Juli 2014

News / Regional

Hari AIDS

Ketua DPRD Gresik Dihadiahi Kondom Wanita

Kamis, 1 Desember 2011 | 12:35 WIB

Berita terkait

GRESIK, KOMPAS.com — Ketua DPRD Gresik Zulfan Hasyim dan Ketua Komisi C DPRD Gresik Chumaidi Ma'un, Kamis (1/12/2011), mendapatkan hadiah kondom wanita dari sekelompok waria dan aktivis anti-AIDS di Gresik, Jawa Timur. Keduanya juga mendapatkan stiker bunga dan brosur terkait bahaya dan pencegahaan AIDS.

Zulfan mengaku menyambut positif peringatan Hari AIDS Sedunia. Dia prihatin dengan meningkatnya jumlah penderita AIDS. "Yang memprihatinkan penderita saat ini menyentuh semua level umur dan kebanyakan anak muda. Agar aman ya jangan melakukan seks bebas dan setia kepada pasangan. Kalau terpaksa, sebaiknya pakai kondom," tuturnya.

Sementara itu, sebelum menemui Zulfan dan Chumaidi, sejumlah waria dan gay serta aktivis anti-AIDS melakukan aksi damai dengan berjalan kaki sekitar 600 meter dari perempatan GNI di Jalan Pahlawan menuju alun-alun di Jalan Wahid Hasyim. Mereka menyematkan pita kepada pengendara termasuk anak sekolah, dan menempelkan stiker di mobil.

Mereka juga memberikan selebaran dan brosur tentang AIDS. Mereka mengenalkan kondom untuk wanita. Tidak jarang ulah waria membuat tersenyum dengan gayanya yang genit saat menyematkan pita merah di lengan sopir atau pengendara motor.

"Kami melakukan aksi dalam rangka Hari AIDS untuk sama-sama mengingatkan bahaya AIDS. Kami tekankan penderita bukan untuk dikucilkan dan dijauhi. Jangan sampai pengidap HIV/AIDS diperlakukan deskriminasi," kata Sofi, waria yang ikut aksi damai itu.


Penulis: Adi Sucipto
Editor : Marcus Suprihadi