Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketua DPRD Gresik Dihadiahi Kondom Wanita

Kompas.com - 01/12/2011, 12:35 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com — Ketua DPRD Gresik Zulfan Hasyim dan Ketua Komisi C DPRD Gresik Chumaidi Ma'un, Kamis (1/12/2011), mendapatkan hadiah kondom wanita dari sekelompok waria dan aktivis anti-AIDS di Gresik, Jawa Timur. Keduanya juga mendapatkan stiker bunga dan brosur terkait bahaya dan pencegahaan AIDS.

Zulfan mengaku menyambut positif peringatan Hari AIDS Sedunia. Dia prihatin dengan meningkatnya jumlah penderita AIDS. "Yang memprihatinkan penderita saat ini menyentuh semua level umur dan kebanyakan anak muda. Agar aman ya jangan melakukan seks bebas dan setia kepada pasangan. Kalau terpaksa, sebaiknya pakai kondom," tuturnya.

Sementara itu, sebelum menemui Zulfan dan Chumaidi, sejumlah waria dan gay serta aktivis anti-AIDS melakukan aksi damai dengan berjalan kaki sekitar 600 meter dari perempatan GNI di Jalan Pahlawan menuju alun-alun di Jalan Wahid Hasyim. Mereka menyematkan pita kepada pengendara termasuk anak sekolah, dan menempelkan stiker di mobil.

Mereka juga memberikan selebaran dan brosur tentang AIDS. Mereka mengenalkan kondom untuk wanita. Tidak jarang ulah waria membuat tersenyum dengan gayanya yang genit saat menyematkan pita merah di lengan sopir atau pengendara motor.

"Kami melakukan aksi dalam rangka Hari AIDS untuk sama-sama mengingatkan bahaya AIDS. Kami tekankan penderita bukan untuk dikucilkan dan dijauhi. Jangan sampai pengidap HIV/AIDS diperlakukan deskriminasi," kata Sofi, waria yang ikut aksi damai itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com