Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyumas Peringkat Ketiga HIV/AIDS di Jateng

Kompas.com - 01/12/2011, 12:22 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com Kabupaten Banyumas menempati peringkat ketiga dengan angka HIV/AIDS tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Tingginya angka tersebut didominasi ibu rumah tangga.

Penanggung jawab Klinik VCT RS Margono Purwokerto, Dewi Nilamsari, Kamis (1/12/2011), mengatakan, angka penderita HIV di Banyumas tercatat 261 orang dan AIDS sebanyak 80 orang. Sementara Kota Semarang berada di peringkat pertama dengan jumlah penderita AIDS 195 orang, dan 769 terjangkit HIV. Kota Solo tercatat 110 jiwa penderita AIDS dan 320 orang terjangkit HIV.

Jateng berada di peringkat keenam penderita HIV/AIDS terbanyak. Adapun di Banyumas, penderita HIV/AIDS didominasi remaja dan orang muda usia 25-34 tahun.

Menurut Dewi, untuk di Banyumas, persentase penderita laki-laki dan perempuan seimbang. "Untuk latar belakang, yang harus diwaspadai adalah ibu rumah tangga karena setiap tahun terus meningkat. Penularan kepada pekerja seks komersial berada di peringkat keempat," tuturnya di sela-sela Seminar HIV/AIDS di Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com