Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa dan Pelajar Purwokerto Long March

Kompas.com - 01/12/2011, 11:26 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

PURWOKERTO, KOMPAS.com- Puluhan pelajar Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Senin (1/12/2011), menggelar aksi damai memperingati Hari AIDS sedunia. Mereka menggelar orasi dan long march dari pendapa Si Panji Pemkab Banyumas hingga pendapa rumah dinas wakil bupati sekitar 1 kilometer di Jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Para pelajar juga membagikan stiker kepada para pengguna jalan yang melintas. Aksi tersebut diikuti anggota Forum Komunikasi Mahasiswa Jakarta (FKMJ), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) dan pelajar serta pramuka.

Ikut serta dalam aksi tersebut seorang penderita AIDS atau dikenal dengan istilah Orang Dengan HIV/AIDS, Dony (bukan nama sebenarnya). Ia mengatakan dirinya merasa didiskriminasikan di lingkungan sosial dan pekerjaannya.

"Saya dipecat dari pekerjaan karena diketahui positif HIV," kata pengguna narkoba jarum suntik yang terinfeksi lima tahun lalu.

Rahman Arif Gunawan, aktifis HIV LPPSLH Banyumas, dalam orasinya mengatakan saat ini tercatat ada 224 warga Banyumas yang terinfeksi Human Immunodeficiency Virus (HIV), 208 menderita Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS), dan 51 warga Banyumas meninggal karena AIDS.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com