Presiden Pimpin Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia - Kompas.com

Presiden Pimpin Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia

Tomy Trinugroho A.
Kompas.com - 28/11/2011, 11:12 WIB

BOGOR, KOMPAS.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memimpin peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang jatuh pada hari Senin (28/11/2011) ini. Peringatan ini berlangsung di Bukit Merah Putih, Indonesia Peace and Security Centre, Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Di acara yang sama, dilangsungkan pula peringatan Bulan Menanam Nasional yang jatuh pada Desember. Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2008, ditetapkan tanggal 28 November sebagai Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan bulan Desember sebagai Bulan Menanam Nasional (BMN).

Peringatan HMPI dan BMN ditandai dengan penanaman Manglid (Manglietia glauca) oleh Presiden Yudhoyono. Adapun Wakil Presiden Boediono yang juga hadir dalam acara itu menanam Suren (Toona sureni).

Peringatan HMPI dan BMN Tahun 2011bertemakan "Sukseskan Penanaman Satu Miliar Pohon". Tema ini dipilih karena sejalan dengan komitmen Indonesia yang disampaikan Yudhoyono dalam KTT Perubahan Iklim di Copenhagen, Denmark, 2009, untuk menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 26 persen dengan upaya sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional pada 2020.

PenulisTomy Trinugroho A.
EditorMarcus Suprihadi

Close Ads X