Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantor Wali Kota Batam Dihajar Massa Buruh

Kompas.com - 24/11/2011, 12:31 WIB
FX. Laksana Agung S

Penulis

BATAM, KOMPAS.com- Ribuan buruh bentrok dengan petugas Kepolisian Resor Kota Barelang (Batam, Rempang, Galang), Kamis (24/11/2011). Kerusuhan terjadi akibat Wali Kota Batam dianggap tidak menepati janji soal upah mnimun kota Batam 2012 yang semestinya sama dengan kebutuhan hidup layak (KHL).

Pada saat berita ini diturunkan, sebagaimana dikemukakan Mardin (34), warga Kota Batam yang berada dekat lokasi, kondisi di lapangan sedang rusuh-rusuhnya. Massa yang kecewa karena tuntutannya untuk bertemu Wali Kota tak dipenuhi akhirnya marah. Mereka berusaha merangsek masuk tapi ditahan polisi.

Batu-batu lantas dilemparkan ke arah kantor wali kota. Akibatnya, kaca-kaca gedung pecah.

Guna menghalau massa, polisi memberikan tembakan peringatan dan melemparkan gas air mata. Massa buruh untuk sementara mundur ke kawasan gedung Dewan Perwakilan Rakyat Kota Batam dan Masjid Raya Kota Batam yang letaknya persis di seberang kantor wali kota.

Massa buruh antara lain terdiri atas buruh dari kawasan industri di Tanjung Uncang, Muka Kuning, Batu Ampar, dan Kabil. Jumlahnya sedikitnya 10.000 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com