Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lingkungan Waduk Jatibarang Dihijaukan

Kompas.com - 17/11/2011, 12:29 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - Untuk mendukung pelestarian dan memperkuat fungsi Waduk Jatibarang, Kota Semarang, Jawa Tengah, setidaknya perlu penghijauan di kawasan sekitarnya seluas 514 hektar dengan tanaman keras.

Ketua Tim Konservasi dan Pengembangan Ekonomi Waduk Jatibarang, M Ghozi, Kamis (17/11/2011) mengatakan, dengan dukungan penghijauan bisa memperpanjang fungsi waduk lebih dari 50 tahun.

Upaya penghijauan sebaiknya melibatkan warga yang terkena genangan waduk, juga warga yang peduli lingkungan. Warga yang terlibat diwadahi dalam lembaga masyarakat mitra konservasi sabuk hijau.

Mereka berasal dari empat kelurahan seperti Kandri, Jatirejo, Jatibarang dan Kelurahan Kedungpane. Proyek Waduk Jatibarang, adalah proyek pengendali banjir di Kota Semarang.

Proyek ini dicanangkan pembangunan Oktober 2009. Proyek ini diperkirakan menelan biaya Rp 1.7 triliun, merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Semarang, Pemerintah Jepang dan Balai Besar Sungai Pemali Juana.

Waduk Jatibarang membendung Kali Kreo, memiliki luas kawasan 600 hektar, dengan luas genangan waduk 91,17 hektar. Waduk ini diperkirakan mampu menampung air sebanyak 20 juta meter kubik, dengan masa pembangunan waduk selesai pada 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com