Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1.000 Bonsai Dipajang di Sanur

Kompas.com - 14/11/2011, 18:48 WIB
Ayu Sulistyowati

Penulis

SANUR, KOMPAS.com - Lebih dari 1.000 pohon bonsai berbagai bentuk dan ukuran mulai, dipajang di halaman luas di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Denpasar, Senin (14/11/2011) sore. Ini memeriahkan Indonesia Horticultura Festival 2011, yang bakal dimulai 19 November hingga 22 November.

Bonsai-bonsai ini berdatangan dari komunitasnya di seluruh Nusantara. Berbagai bentuk serta berdasarkan kategori prospek hingga bintang, semuanya ada.

Belum mulai pameran pun, sudah ada transaksi lebih dari Rp 200 juta.

Ketua Panitia dan perwakilan komunitas penggemar bonsai Bali, Made Kari, menyebutkan, peserta expo berasal dari berbagai daerah seperti NTB, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan lainnya. "Kegiatan ini untuk lebih menggairahkan bisnis bonsai sekaligus mengapresiasi karya-karya pembuat bonsai," ujar Kari.

Usia tanamannya, lanjut Kari, rata-rata sudah 15 tahun atau lebih. Adapun jenis tanaman yang biasa dibuat bonsai diantaranya beringin, mustam, santigi, serut, amplas, dan ulmus.

Ada juga bonsai Apel Syauci. Buahnya mirip apel merah dan bisa dimakan. Hanya saja ukurannya mini kira-kira seperti tutup botol air mineral dari samping. Bonsai ini bisa hidup di mana saja, asal cukup sinar matahari itu lebih baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com