Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Demo, Jalan Abepura-Sentani Macet Total

Kompas.com - 14/11/2011, 11:08 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com - Akibat aksi demo ratusan warga asli Papua yang menamakan dirinya Komite Nasional Papua Barat (KNPB) di depan kantor Pos Abepura, ruas jalan raya yang menghubungkan Abepura dan Sentani yang menjadi lokasi Bandar udara macet total, Senin (14/11/2011).

Ratusan massa yang sudah berkumpul sejak pagi hari itu, membuat pengguna jalan tidak bisa leluasa mengemudikan kendaraannya, karena sebagian jalan digunakan para pendemo. Massa melakukan "long march" ke Taman Imbi, pusat Kota Jayapura yang terletak sekitar 10-13 kilometer dari Abepura, lengkap dengan atribut demo seperti bendera dan pamflet. "Papua zona darurat, segera laksanakan referendum," kata salah satu pendemo.

Sementara itu, nampak puluhan anggota Polisi dari Polres Jayapura Kota dan Brimob berjaga-jaga di Expo-Waena dan Abepura. Sejumlah pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainya memilih tutup, seperti Pompa Bensin Kotaraja, Kantor Pos Abepura, dan pusat perbelanjaan Maspul.

Sebelumnya, aksi unjuk rasa/demonstrasi ini telah disampaikan oleh Koordinator Umum KNPB wilayah Jayapura, Victor Kogoya pada pekan kemarin.  "Kami ajak semua warga Papua untuk dukung demo tuntut referendum, dan ini aksi nasional hingga internasional," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com