Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Habitat Raflesia Terancam Perambahan

Kompas.com - 13/11/2011, 10:13 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

KEPAHIANG, KOMPAS.com — Habitat bunga Rafflesia arnoldii di Hutan Lindung Bukit Daun, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, terancam perambahan.

"Jika tidak dijaga, bukan tidak mungkin habitat tersebut rusak dan kita tidak bisa lagi melihat raflesia mekar di lokasi itu," kata Ketua Tim Peduli Puspa Langka Holidin, Minggu (13/11/2011).

Holidin mengatakan, lokasi mekarnya bunga raflesia saat ini sudah dikelilingi kebun kopi dan kemiri yang merupakan hutan kemasyarakatan. "Arah timur lokasi mekarnya bunga raflesia hutannya paling cuma 100 meter atau 150 meter lagi. Setelah itu sudah kebun warga. Sementara ke arah selatan hutannya masih agak jauh sekitar 6 kilometer lagi," tuturnya.

Hutan kemasyarakatan ialah hutan yang telanjur dirambah warga yang kemudian dihijaukan kembali dengan ditanami tanaman tertentu oleh masyarakat. Rencana pembukaan kembali hutan kemasyarakatan, kata Holidin, telah memicu masyarakat membuka hutan yang utuh.

Hutan kemasyarakatan sudah disalahartikan. Karena itulah, Holidin khawatir jika perambahan dibiarkan, akan mengancam habitat raflesia. Padahal, sepanjang tahun 2011 sudah 12 bunga raflesia mekar di Hutan Lindung Bukit Daun. Jumlah ini akan terus bertambah mengingat masih ada 15 bonggol lagi yang bakal mekar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com