Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Raflesia Mekar

Kompas.com - 13/11/2011, 10:09 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

KEPAHIANG, KOMPAS.com — Bunga terbesar di dunia, Rafflesia arnoldii, kembali mekar di Hutan Lindung Bukit Daun, Desa Tebat Monok, Kecamatan Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu.

Bunga yang terletak di tebing dekat aliran sungai di dalam hutan lindung itu berdiameter sekitar 80 sentimeter. Lima kelopaknya mekar sempurna sejak Kamis (10/11/2011). Hingga kini bunga itu masih terlihat mekar. Sejak pertama kali ditemukan pada Senin (7/11/2011), ratusan pengunjung terus mendatangi hutan lindung itu. Tidak hanya dari Bengkulu, tidak sedikit juga yang berasal dari luar Provinsi Bengkulu yang kebetulan melintas di jalan Kota Bengkulu-Kepahiang itu.

Ketua Tim Peduli Puspa Langka Holidin yang selama ini menjaga lokasi mekarnya raflesia di Tebat Monok mengatakan, semula ia tidak mengetahui bahwa ada bonggol raflesia yang bakal mekar dalam waktu dekat di lokasi itu. Sebab, dalam pengamatan selama ini, justru ada bonggol lain yang agak jauh dari aliran air yang bakal mekar dalam waktu sekitar sebulan lagi.

"Kami kaget. Ketika ditemukan seminggu lalu, bunga yang sekarang kita lihat sudah siap mekar. Akhirnya kami membuka posko di tepi jalan agar warga yang melintas bisa mengetahui," tutur Holidin, Minggu (13/11/2011).

Holidin menambahkan, di samping bunga yang kini mekar masih terdapat belasan bonggol berbagai ukuran yang merupakan bakal bunga raflesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com