Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komodo Menang, Masyarakat Manggarai Barat Bangga

Kompas.com - 12/11/2011, 10:02 WIB
Samuel Oktora

Penulis

LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Masuknya Taman Nasional Komodo (TNK) dalam Tujuh Keajaiban Dunia kategori alam menjadi kebanggaan luar biasa, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Manggarai Barat, di Nusa Tenggara Timur.

"Kami merasa bangga luar biasa, hasil ini berkat dukungan semua pihak, baik masyarakat Manggarai Barat maupun masyarakat di seluruh Indonesia, bahkan masyarakat internasional, pemerintah pusat, pendukung pemenangan komodo (P2K), dan duta pemenangan komodo Jusuf Kalla," kata Bupati Manggarai Barat Agustinus CH Dula, Sabtu (12/11/2011), di Labuan Bajo.

Dalam situs www.new7Wonders.com, berdasarkan hasil penghitungan awal dari hasil voting online yang masuk hingga Jumat (11/11/2011), pukul 11.11 GMT atau pukul 18.11 WIB, TNK menjadi finalis 7 Keajaiban Dunia bersama Amazon, Halong Bay, Iguazu falls, Jeju Island, Puerto Princesa Underground River, dan Table Mountain. Pengumuman secara resmi baru akan dilakukan dalam sebuah acara resmi pada awal tahun 2012.

Sementara itu, Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya, dalam sambutannya pada acara penutupan Festival Seni dan Budaya Flores-Lembata, Jumat (11/11/2011), di Manggarai Barat, mengatakan, TNK yang sudah mendunia, dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang datang ke Manggarai Barat perlu ditangkap peluang itu.

Turis asing yang datang melihat komodo juga dapat ditarik menyinggahi obyek wisata menarik lainnya, terutama di Pulau Flores, terus ke timur hingga Lembata, Alor, Timor, dan Sumba.

"Pariwisata NTT harus siap karena NTT bersama NTB dan Bali masuk dalam Koridor V Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi sebagai pintu gerbang pariwisata dan pendukung pangan nasional," kata Frans Lebu Raya.

Pada acara penutupan itu pula, Frans mencanangkan Tahun Kunjungan NTT 2013 dan menyampaikan rencana Sail Komodo 2013.

Sementara itu, Wakil Ketua Forum Pariwisata Kabupaten Manggarai Barat Marius Saridin mengatakan, kemenangan TNK dalam kontes Tujuh Keajaiban Dunia merupakan pilihan dunia.

"Karena kriteria yang dipakai di antaranya memperhitungkan keseimbangan komposisi dukungan antara masyarakat suatu negara dan dukungan dari luar negeri, keseimbangan jender, seberapa besar dukungan antara perempuan dan laki-laki, juga komposisi usia, antara kalangan dewasa dan anak-anak," kata Marius.

Menurut Marius, momentum penting ini jangan dilewatkan begitu saja, Pemkab Manggarai Barat harus berbenah, sektor infrastruktur ditingkatkan, juga disiapkan SDM masyarakat sebagai pelaku pariwisata.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com