Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Perusak Pohon Karet PTPN XII Ditangkap

Kompas.com - 12/11/2011, 02:24 WIB

JEMBER, KOMPAS - Kepolisian Resor Jember menahan tiga pelaku pembabatan pohon karet milik PT Perkebunan Nusantara XII di Kebun Gunung Gambir, Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru, Jember, Jawa Timur, Jumat (11/11) dini hari. Ketiga pelaku, yaitu Samadin (72), Ahmad Daeri (30), dan Suki (42), ditangkap di rumahnya di Desa Gelang, Kecamatan Sumberbaru.

Kapolres Jember Ajun Komisaris Besar Samudi kepada wartawan di Jember, Jawa Timur, Jumat, mengatakan, ketiga perusak pohon karet di lahan PTPN XII mengaku disuruh seseorang bernama Ip, dan dijanjikan akan diberi tanah di lahan tersebut. Dari tangan tersangka, polisi telah mengamankan barang bukti berupa dua parang dan sebilah celurit.

Dari pengakuan ketiga tersangka, kata Samudi, polisi masih akan menangkap pelaku yang memerintahkan mereka untuk melakukan pembabatan pohon karet.

Peristiwa perusakan pohon karet di Kebun Gunung Gambir milik PTPN XII bersamaan dengan aksi pembabatan pohon karet di kebun milik PT Hasfarm di Dusun Suko Kulon, Desa Pondok Dalem, Kecamatan Semboro, Jember, Rabu.

Namun, perusakan pohon karet di kebun milik PTPN XII hanya berlangsung setengah hari, dan tanaman rusak sekitar 500 pohon. Sementara itu, aksi penebangan pohon karet di areal kebun seluas 30 hektar milik PT Hasfarm berlangsung dua hari.

Meski aksi penebangan sudah dihentikan, sejumlah polisi masih berjaga di areal kebun agar masyarakat jangan lagi melakukan perusakan. Polisi juga sudah memiliki lima nama yang menggerakkan massa untuk membabat pohon karet itu. ”Dalam waktu dekat, kelima orang itu akan diamankan,” kata Samudi.(SIR)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com