Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kades Berunjuk Rasa

Kompas.com - 11/11/2011, 14:06 WIB
Doddy Wisnu Pribadi

Penulis

MALANG, KOMPAS.com- Sekitar 30 kepala desa di Malang, Jawa Timur, Jumat (11/11/2011), berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Kabupaten Malang untuk menuntut pengesahan UU Desa.

Mereka adalah bagian dari 586 kepala desa se-Kabupaten Malang yang tergabung dalam Asosiasi Kepala dan Perang Desa (AKPD). Di Malang, mereka diketuai Didik Gatot S, menyerukan perubahan pola pembangunan yang lebih mengarah pada kepentingan dan kebutuhan masyarakat pedesaan.

"Desa selama ini hanya berperan sebagai mesin perah bagi kebutuhan anggaran nasional, namun pembangunan dikelola berorientasi kota, bukan desa," kata Didik, di tengah aksi.

Para kepala desa awalnya berkumpul di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, ibukota Kabupaten Malang. Kemudian mereka menaiki kendaraan roda dua dan roda empat. Demonstrasi berjalan tertib, seluruh peserta menggunakan pakaian batik.

Setelah melancarkan aksi ke Gedung DPRD dan ditemui anggota DPRD, para kepala desa kemudian mendatangi kantor Pemkab Malang di Kota Malang, sekitar 24 km dari Kepanjen. Di sana mereka mendapat kesempatan diterima oleh Bupati Malang Rendra Kresna.

Bupati menyatakan persetujuannya dengan aspirasi para kepala desa, bahwa melalui pengesahan UU Desa, pemerintah berkewajiban untuk menggeser paradigma pembangunan lebih berorientasi ke desa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com