Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Kudus Lapuk dan Miring

Kompas.com - 07/11/2011, 09:26 WIB
Alb. Hendriyo Widi Ismanto

Penulis

KUDUS, KOMPAS.com- Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jateng akan melakukan studi teknis Menara Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, pada 2012. Studi itu dilakukan untuk mengawali konservasi menara dan pendapa tajug peninggalan Sunan Kudus yang miring dan melapuk.

Kepala Kelompok Kerja Pemugaran BP3 Jateng Sudarno, Senin (7/11/2011), mengatakan, tanda-tanda kerusakan Menara Kudus sudah kelihatan. Kerusakan berupa pelapukan dan retak pada dinding menara.

Adapun pendapa tajug miring karena sejumlah kayu melapuk. "Kami akan melakukan studi teknis dan memperbaiki kerusakan sesuai ahlinya pada 2012," kata dia.

Ahli penata batu BP3 Jateng Rabiman beberapa waktu lalu mengemukakan, 75 persen batu bata penyusun dinding Menara Kudus lapuk. Pelapukan itu terjadi karena kerap terkena hujan dan panas.

Pelapukan juga menyebabkan sejumlah bagian menara retak, yaitu pada tubuh menara dan penyangga atap menara.

"Untuk melihat kemiringan menara, kami telah memasang poligon atau titik patok koordinat ukur di tiga tempat. Hasilnya masih kami olah," kata Sudarno.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com