Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendapatan Pedagang Menurun

Kompas.com - 03/11/2011, 15:47 WIB
Antonius Ponco A.

Penulis

TIMIKA, KOMPAS.com- Mogok kerja karyawan PT Freeport Indonesia di Timika, Kabupaten Mimika, Papua yang sudah berlangsung hampir tiga bulan berdampak pada perekonomian masyarakat. Sejumlah pedagang di Pasar Sentral, Timika, yang ditemui oleh Kompas, Kamis (3/11/2011), mengaku pendapatan mereka telah menurun drastis akibat mogok kerja karyawan.

Wina (45), pedagang sayuran, mengatakan, pendapatan sehari-hari yang biasanya bisa mencapai Rp 2 juta, kini menurun menjadi hanya sekitar Rp 500.000. Begitu pula yang diungkapkan oleh Saribuana (48), pedagang barang-barang kebutuhan pokok, yang pendapatannya menurun dari biasanya sekitar Rp 1 juta menjadi tidak lebih dari Rp 500.000.

Luther (40), pedagang ikan, berupaya menurunkan harga ikan dari Rp 15.000 untuk 10 ekor menjadi hanya sekitar Rp 5.000. Namun itu tidak bisa membuat ikannya laku terjual.

"Pembeli sepi. Banyak ikan terpaksa dibuang karena kardus tempat simpan ikan sudah tidak bisa menampung lagi," ujarnya.

Tidak hanya pedagang pasar, pelaku usaha lainnya di Timika pun mengeluhkan menurunnya pendapatan yang diperoleh. Dari mulai pusat-pusat perbelanjaan hingga tukang ojek.

Wakil Bupati Mimika Abdul Muis yang ditemui Rabu malam, mengatakan, operasional PT Freeport merupakan penggerak utama perekonomian di Mimika. Jadi ketika ada masalah di Freeport seperti yang terjadi sekarang di mana karyawan mogok kerja berbulan-bulan, dampaknya pasti dirasakan masyarakat.

"Daerah ini masih sangat tergantung pada Freeport. Makanya kejadian yang ada sekarang juga menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah untuk membuat program-program guna melepas ketergantungan tersebut," kata Abdul Muis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com