Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Paku Misterius di Betis Safirah

Kompas.com - 02/11/2011, 23:28 WIB

KOMPAS.com — Tidak ada yang pernah menyangka, di betis Safirah, bocah berusia 3 tahun di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, itu bersarang puluhan paku dan logam. Ketika ibunya mengetahui keanehan tersebut, dokter pun diminta untuk mengeluarkan benda asing itu dari tubuh sang bocah.

Operasi mengeluarkan paku satu demi satu dari betis Safirah akhirnya sukses dilakukan pada Selasa (1/11/2011) kemarin dalam operasi yang berlangsung dua jam di RSU Andi Makkasau. Dari 27 benda asing yang terdeteksi di dalam tubuhnya, sudah 26 buah yang dikeluarkan.

Masing-masing benda menyerupai paku sebanyak 23 biji, satu biji jarum, dan dua biji logam putih yang bersarang di betis kanan dan kiri. Sedangkan benda lain di bagian punggungnya belum dikeluarkan oleh tim medis karena merupakan daerah rawan yang bisa merusak urat saraf yang berada di wilayah tulang belakang sehingga harus ekstrahati-hati. Jenis benda besi ini masuk di dalam tubuh Safirah sepanjang 2 hingga 6 cm, di bagian betis kanan sebanyak 7 biji dan betis kiri sebanyak 19 biji.

Dokter belum dapat menjelaskan secara medis kondisi yang dialami Safirah. Anggapan sementara, logam-logam tersebut dimasukkan secara sengaja ke tubuh sang bocah. Namun, anehnya, Safirah tak merasakan sakit apa pun. Ibunya sendiri yang merawat sejak kecil membantah anggapan tersebut. Jadi, apa sebenarnya yang terjadi pada diri Safirah, belum ada yang tahu sampai sekarang.

Penulis warga Shamier Parez merekam operasi Safirah di RSU Andi Makassau. Simak laporan lebih lengkapnya di Kompasiana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com