Rabu, 30 Juli 2014

News / Regional

Hari Sumpah Pemuda

Mahasiswa Sultra Gelar Panggung Jalanan

Jumat, 28 Oktober 2011 | 18:42 WIB

KENDARI, KOMPAS.com - Ratusan pemuda dari berbagai kampus dan organisasi kemahasiswaan di Kendari, Sulawesi Tenggara, turun ke jalan, Jumat (28/10/2011). Mereka memperingati hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, di antaranya dengan menggelar aksi teatrikal di jalan raya pusat kota.

Ratusan mahasiswa dari puluhan elemen itu, terkonsentrasi di jalan Abdullah Silondae, pusat pemerintahan Kota Kendari. Polisi pun mengalihkan arus lalu lintas di jalan utama kota itu.

Di antara elemen massa yang menggelar aksi yakni dari Universitas Haluoleo, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Sulawesi Tenggara, Front Pemuda Sultra Menggugat, Himpunan Mahasiswa Islam Kendari, dan LMND Sultra.

Mereka menyuarakan keresahan atas nasib bangsa, setelah 83 tahun Sumpah Pemuda dikumandangkan yang belum bisa membawa kesejahteraan bagi seluruh rakyat.

Mahasiswa juga mengecam pemerintahan SBY-Boediono yang dinilai gagal dalam berbagai aspek. Mahasiswa Universitas Haluoleo juga menggelar aksi teatrikal, tarian, dan seni kontemporer di Jalan Abdullah Silondae, yang menyerukan persatuan Indonesia.


Penulis: Mohamad Final Daeng
Editor : Agus Mulyadi