Relawan Pencinta Binatang Bergerak - Kompas.com

Relawan Pencinta Binatang Bergerak

Irene Sarwindaningrum
Kompas.com - 26/10/2011, 11:25 WIB

PALEMBANG, KOMPAS.com — Para pencinta binatang dari Palembang dan Jakarta mulai melakukan tindakan penyelamatan anjing liar di Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Tindakan ini diambil menyusul munculnya berita mengenai rencana pembasmian anjing liar menjelang SEA Games XXVI di sekitar Jakabaring.

"Kami akan mencari anjing-anjing liar untuk diselamatkan sebelum diracun mati," kata Artha, relawan dari Faunawelfare, Rabu (26/10/2011).

Operasi penyelamatan dilakukan Selasa malam dengan satu mobil pikap untuk mengangkut anjing liar yang diselamatkan. Rencananya, anjing yang diselamatkan akan disterilisasi dan divaksin. Operasi ini direncanakan berlangsung sepekan.

Rombongan relawan satwa ini disertai dua dokter hewan, salah satunya Arsentina Panggabean dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia DKI Jakarta. "Pengendalian anjing liar bisa dilakukan dengan sterilisasi dan vaksinasi. Tidak perlu sampai dibasmi," kata Arsentina.

Dari operasi semalam, tim berhasil mengambil dua anjing liar. Keduanya akan disterilisasi siang ini.

Sehari sebelumnya, kecaman mengenai pembasmian anjing liar jelang SEA Games di Palembang ini menjadi topik hangat di jejaring sosial Twitter.

Tim ini juga telah menemui Dinas Peternakan Sumatera Selatan untuk meminta pembatalan pembasmian. Sejauh ini belum terlihat adanya pembasmian anjing liar besar-besaran di Palembang. 

PenulisIrene Sarwindaningrum
EditorMarcus Suprihadi