Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beli Hewan Kurban di Tempat yang Aman

Kompas.com - 25/10/2011, 15:50 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi warga DKI Jakarta yang hendak melakukan kurban, dianjurkan untuk membeli hewan kurban di tempat penampungan hewan di kawasan Rumah Pemotongan Hewan. Hal ini agar hewan kurban yang diperoleh sehat.

"Untuk menghindari hewan yang terinfeksi virus atau tidak sehat. Jadi, beli di lokasi yang aman," kata Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI, Ipih Ruyani di Balai Kota, Jakarta, Selasa (25/10/2011).

Beberapa tempat yang disarankan oleh Dinas Kelautan dan Pertanian DKI adalah Pasar Ternak Cakung, RPH Pulo Gadung serta tempat-tempat penampungan yang telah diperiksa dan diberi tanda stiker. Pemeriksaan kesehatan hewan kurban ini dilakukan mulai H-10 dan kemudian diberi stiker.

"Dengan diberi stiker, hewan kurban tersebut dinilai telah memenuhi syarat yaitu sehat, tidak kurus, tidak cacat, cukup umur dan berjenis kelamin jantan," ungkapnya.

Karena itu, Dinas Kelautan dan Pertanian DKI menjamin hewan kurban yang diperjual beliklan sehat dan memenuhi syarat. Hewan ini disertai Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari daerah asal, kemudian secara sampling akan dilakukan pemeriksaan darah secara laboratoris.

"Pemeriksaan darah ini untuk mencegah berkembangnya penyakit Anthrax," kata Ipih Ruyani.

Sebanyak 690 tenaga pemeriksa kesehatan hewan dan daging diturunkan untuk mengantisipasi virus-virus penyakit terhadap hewan. Tenaga pemeriksa ini gabungan dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewab IPB, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Jakarta, Petugas Dinas Kelautan dan Pertanian Propinsi DKI, Petugas dari Suku Dinas Peternakan dan Perikanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com