Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

870 Desa di Sumatera Utara Tak Berlistrik

Kompas.com - 25/10/2011, 12:09 WIB
Mohammad Hilmi Faiq

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com - Sebanyak 870 desa di Sumatera Utara belum dialiri listrik. Pemerintah Sumatera Utara berupaya menambah 1.000 unit panel pembangkit listrik tenaga surya untuk memberi aliran listrik bagi desa-desa yang ada di pegunungan itu.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumatera Utara Untungta Tarigan mengatakan, desa-desa tersebut sulit dijangkau karena berada di pegunungan. Desa-desa itu antara lain berada di Nias, Mandailing Natal, dan Labuhan Batu Selatan. "Kami mencoba membantu mereka dengan membangun panel pembangkit listrik tenaga surya," ujarnya di Medan, Selasa (25/10/2011).

Dari tahun 2003-2010, sudah 2.213 unit panel yang terpasang. Untuk tahun ini ada sekitar 1.000 panel lagi.

Dia menambahkan, pertumbuhan kebutuhan listrik di Sumut mencapai 7 persen per tahun. Dalam lima tahun ke depan, Sumut membutuhkan tambahan listrik 500 mega watt (MW). Untuk itu, Pemerintah Provinsi Sumut menyambut baik kerja sama USAID dalam program Indonesia Clean energy Development (ICED), program peningkatan energi terbarukan. Selain Sumut, Riau dan Aceh juga terlibat dalam kerja sama ini.

Kepala Program ICED Bill Meade mengatakan, pihaknya membantu dalam tahap awal program ini seperti pengturan prosedur dan kajian. Adapun pendanaan akan diatur oleh pemerintah lokal dan investor. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com