Rabu, 26 November 2014

News / Regional

Cuaca

Suhu Bali sampai 34,8 Derajat Celsius

Senin, 24 Oktober 2011 | 18:24 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com — Beberapa hari terakhir sampai Senin ini, banyak orang mengeluh kepanasan. Suhunya mencapai 34,8 derajat celsius.

Sampai-sampai, beberapa dari mereka malas keluar rumah. Berbagai jenis minuman pun banyak diserbu masyarakat. Entah ada hubungannya atau tidak, sejumlah toko-toko atau minimarket kehabisan stok minuman isi ulang dengan galon merek tertentu.

Berdasarkan pencatatan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar, suhu 34,8 derajat celsius adalah tertinggi sepanjang tahun ini. Namun, mulai turun Senin (24/10/2011) pukul 15.00 Wita sekitar 33,4 derajat celsius.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Endro Cahyono menjelaskan, sejak 20 Oktober hingga Senin matahari berada di posisi lebih kurang delapan derajat lintang selatan. "Nah, posisi ini tepat di atas Pulau Bali, Pulau Jawa, hingga Nusa Tenggara. Jadi, ya, panas," katanya.

Menurut dia, kondisi ini bisa berjalan selama sebulan hingga 20 November. Alasannya, ini biasa karena pergeseran posisi matahari setiap bulannya dan biasanya kondisi ini selalu datang pada Oktober.

Hanya saja, bulan Oktober tahun lalu, suhunya tidak sampai 34 derajat celsius, tetapi seperti rata-rata harian di Bali berkisar 30 derajat celsius. "Namun, sebagai catatan, panas terik matahari dirasakan sangat terik menuju sekitar pantai. Untuk dataran tinggi, seperti sekitar Gunung Batur tidak sepanas di Denpasar atau Kuta, misalnya," ujar Endro. 


Penulis: Ayu Sulistyowati
Editor : Robert Adhi Ksp