Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Minta Tarif Tol Semarang-Ungaran Ditetapkan

Kompas.com - 24/10/2011, 13:41 WIB
Haryo Damardono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Utama PT Jasa Marga Frans S Sunito berharap Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) segera menetapkan tarif Tol Semarang-Ungaran. Dengan penetapan tarif tol itu, sama artinya dengan diperkenankannya tol itu untuk dioperasikan.

Kami telah memperbaiki kontruksi tol itu, kata Frans Sunito, Senin (24/10/2011), saat dihubungi. Tol Semarang-Ungaran (14,1 kilometer) merupakan seksi pertama dari Tol Semarang-Solo dengan total panjang 75,67 kilometer.

Beberapa kali media memang menyoroti soal kelemahan konstruksi ruas Tol Semarang-Ungaran sehingga mengalami keretakan badan jalan. Diakui Frans, ada persoalan di konstruksi. Namun, hal itulah adanya, dan sudah kami perbaiki. Bahkan, sebenarnya, kualitas Tol Semarang-Ungaran masih lebih baik daripada Tol Cipularang, kata Frans.

Kontur tanah di ruas Tol Semarang-Ungaran memang seberat di Tol Cipularang. Bahkan, ada enam jembatan dengan bentang lebar dan tinggi, yakni Jembatan Tembalang (panjang 163,5 meter), Jembatan Banyumanik 1 (panjang 170 meter), Jembatan Banyumanik 2 (panjang 384 meter), Jembatan Gedawang (panjang 470 meter), dan Jembatan Susukan (465 meter).

Kalau bisa, tol ini segera dioperasikan. Sangat disayangkan biaya investasi yang sudah dikeluarkan, ujar Frans. Tol ini memang sudah terlambat pengoperasiannya. Berdasarkan leaflet awal yang dimiliki Kompas, pada semester II-2011 ini sudah dioperasikan secara utuh ruas Tol Semarang-Bawen (23,10 kilometer). Lantas, Jasa Marga melanjutkan pembangunan Tol Bawen-Solo (52,57 kilometer).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com