Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Orang Tewas Ditembak di Timika

Kompas.com - 22/10/2011, 03:10 WIB

Jakarta, Kompas - Tiga orang tewas ditembak di Timika, Kabupaten Mimika, Papua, oleh kelompok orang tidak dikenal. Tiga orang yang tewas adalah Aloysius Margono, sopir kendaraan, serta Yunus dan Eto, yang ditembak di bedeng tempat pendulangan emas.

Demikian disampaikan Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam di Jakarta, Jumat (21/10). ”Di Freeport, Timika, tadi pagi pukul 04.40, di Kilometer 38, terjadi penembakan terhadap Aloysius Margono, sopir kendaraan,” kata Anton.

Setelah peristiwa itu, 15 menit kemudian, lanjut Anton, terjadi lagi penembakan di Kilometer 39. Yunus dan Eto ditembak hingga tewas di bedeng tempat pendulangan emas.

Dari keterangan saksi, ada 10 pelaku yang menghampiri kedua korban. Para pelaku membawa dua senjata laras panjang.

Dari selongsong peluru yang ditemukan di tempat kejadian perkara, lanjut Anton, diketahui pelurunya berkaliber 5,56 milimeter dan 7,62 mm. Berdasarkan kaliber 5,56 mm, diduga senjata yang digunakan adalah M-16 atau SS-1. Dari peluru berkaliber 7,62 mm, diduga senjata yang digunakan adalah AK-47.

Menurut informasi yang dihimpun Kompas di wilayah kejadian, tiga orang itu tewas ditembak di antara Mil 38 (Kilometer 60,8) sampai Mil 40 (Kilometer 64), areal PT Freeport Indonesia, Timika, Jumat sekitar pukul 05.30 WIT. Kejadian penembakan tersebut merupakan kejadian yang kesekian kali di kawasan PT Freeport Indonesia dalam dua tahun terakhir.

Aloysius Margono adalah karyawan PT Kuala Pelabuhan Indonesia, salah satu kontraktor dari PT Freeport Indonesia, sementara Yunus adalah penjaga kios.

Aloysius Margono tertembak saat mengendarai mobil operasional bernomor lambung 01-4249 di Mil 40, sedangkan Yunus tertembak saat sedang berada di kiosnya di Mil 38.

Selain tiga orang tewas, seorang penjaga kios yang lain di Mil 38, Rahman, mengalami luka tembak dan dirawat di Unit Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Mimika.

Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Ifdhal Kasim di Jakarta, Jumat, mengungkapkan, institusinya akan menginvestigasi pembunuhan yang terjadi setelah Kongres Rakyat Papua III. Ifdhal mengatakan, Komnas HAM sementara mencatat ada enam orang yang terbunuh.

Jenazah Aloysius Margono dimakamkan di Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu pagi.(JOS/NTA/BIL/FER/MDN/eta)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com