Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengalir, Dukungan kepada Armyn Jadi Cagub Kalbar

Kompas.com - 17/10/2011, 12:06 WIB
Agustinus Handoko

Penulis

PONTIANAK, KOMPAS.com - Dukungan terhadap Kepala Staf Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura Brigadir Jenderal Armyn Alianyang untuk menjadi bakal calon Gubernur Kalimantan Barat pada pemilihan kepala daerah tahun 2012 terus mengalir.

Sejumlah organisasi masyarakat telah menyatakan dukungannya secara terbuka.

Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kalimantan Barat Ilham Sanusi, Senin (17/10/2011) mengatakan, sejauh ini organisasi kemasyarakatan yang sudah menyatakan dukungan agar putra pejuang Kalbar Alianyang itu bersedia menjadi bakal calon Gubernur Kalbar adalah ICMI, Pemuda Muhammadiyah Kalbar, Dewan Masjid Indonesia, Persatuan Dayak Uud Danum, dan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia.

"Kami sudah menghadap Pak Armyn menyatakan dukungan dan Beliau siap menerima dukungan sambil menunggu petunjuk dari atasannya karena masih berdinas di militer," kata Ilham.

Ilham mengatakan, para pendukung Armyn juga sudah menemui Panglima Daerah Militer XII/Tanjungpura Mayor Jenderal Geerhan Lantara untuk meminta izin terkait dukungan mereka terhadap Armyn.

"Dari sisi kedinasan, kami berharap Pangdam bisa memberikan izin kepada Pak Armyn karena dukungan dari masyarakat terus mengalir," kata Ilham.

Dengan munculnya nama Armyn, bursa calon Gubernur Kalbar sejauh ini sudah ada dua yakni Armyn dan Cornelis yang secara terbuka juga sudah menyatakan keinginnya untuk maju lagi. Cornelis sebagai ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan akan maju melalui partai itu.

Selain kedua nama itu, sosok Wakil Gubernur Kalimantan Barat Christiandy Sanjaya juga mulai diperhitungkan, apalagi setelah dia merapat ke Partai Demokrat.

Dalam Musyawarah Daerah II Partai Demokrat Kalbar bulan lalu, Christiandy menyatakan bergabung dengan Partai Demokrat setelah pada pilkada 2007 diusung oleh Partai Damai Sejahtera mendampingi Cornelis. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com