Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedagang Pasar Babat Pasrah

Kompas.com - 16/10/2011, 19:22 WIB
Adi Sucipto

Penulis

LAMONGAN, KOMPAS.com - Pedagang Pasar Babat, di Lamongan, Jawa Timur, pasrah ketika Pasar Babat dirobohkan dengan buldozer, Minggu (16/10/2011). Mereka sebelumnya diminta mengosongkan stan dan mengamankan barang dagangannya pada Jumat (14/10) lalu.

Pembongkaran pasar sempat tegang, karena sejumlah pedagang meminta pembongkaran dihentikan.

Saat pembongkaran pasar, sejumlah pedagang sempat menghalangi petugas. Akibatnya terjadi saling dorong. Empat orang luka ringan dari Satuan Polisi Pamong Praja dan pedagang. Seorang petugas satpol PP Abdurrohman terkena lemparan sejenis air keras.

"Dia dibawa ke rumah sakit," kata Sukiman Kepala Satpol PP Lamongan.

Polres Lamongan mengamankan enam orang yang dinilai bertindak anarkis. "Mereka dimintai keterangan," kata Kepala Subbagian Humas Polres Lamongan, Ajun Komisaris Gunawan.

Pembongkaran berlanjut. Pada pukul 15.00, Pasar Babat sudah rata dengan tanah. Pedagang dibantu polisi mengangkuti barang dagangannya untuk diangkut truk pikap atau becak.

Menurut seorang pedagang, Purnomo, hingga saat ini tidak ada jaminan nasib pedagang setelah pasar modern Babat selesai dibangun.

Sebelumnya, Kamis (13/10/2011), pedagang berunjuk rasa menuntut pembangunan pasar dilaksanakan bertahap. Mereka juga menolak direlokasi sementara ke Pasar Agrobis Semando, sekitar satu kilometer dari Pasar Babat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com