Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMKG Denpasar: Tidak Ada Potensi Tsunami

Kompas.com - 13/10/2011, 10:47 WIB
Herpin Dewanto Putro

Penulis

DENPASAR, KOMPAS.com — Gempa kuat yang mengguncang Bali, Kamis (13/10/2011) pagi tidak berpotensi tsunami. Demikian pernyataan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Denpasar.

"Tidak ada potensi tsunami, tetapi tetap waspada," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah III Denpasar Wayan Suardana. Ia mengatakan, pusat gempa sekitar 136 kilometer di sebelah selatan Kuta.

BMKG Denpasar mencatat kekuatan gempa 6,5 skala Richter (SR) lebih kecil dari data yang dilansir BMKG Pusat. Gempa menggoyang Bali sekitar pukul 11.25 Wita. Sampai tulisan ini diuat belum ada laporan kerusakan akibat gempa.

Gempa terasa sekitar hampir satu menit dan cukup keras. Sebuah jumpa pers yang dihadiri Kompas dan beberapa wartawan di kawasan Renon, Denpasar, sempat terhenti, dan semua meninggalkan ruangan. Beberapa warga membunyikan kul-kul (kentongan khas Bali) sebagai peringatan. 

Sementara itu, informasi yang dilansir situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika kekuatan gempa 6,8 skala Richter. Badan Geologi AS atau United States Geological Survey (USGS) mencatat kekuatan gempa dengan magnitud 6.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com