Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspadai Banjir dan Angin Kencang

Kompas.com - 09/10/2011, 17:27 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com — Masyarakat di Kalimantan Tengah diminta waspada terhadap gangguan musim hujan seperti petir, banjir, dan angin kencang. Hujan sudah mulai sering turun, terutama di Kalteng bagian utara, bahkan sempat menyebabkan banjir ringan di Palangkaraya.

Kepala Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangkaraya, Hidayat, di Palangkaraya, Kalteng, Minggu (9/10), mengatakan, daerah-daerah rawan banjir dan perlu diwaspadai misalnya Barito Selatan dan Barito Utara.

Pada November dan Desember mendatang, menurut Hidayat, hujan diprediksi turun lebih deras sehingga kewaspadaan masih perlu terus ditingkatkan. Jika dalam satu hari hujan terus turun di suatu daerah dengan curah melebihi 100 mm, banjir bisa terjadi.

"Akan tetapi, kalau curah hujannya hanya 50 mm tapi terus-menerus turun dalam 10 hari ya bisa saja terjadi banjir," ucap Hidayat.

Pada hari Sabtu kemarin, banjir ringan bahkan terjadi di beberapa titik di Palangkaraya. Hidayat mengatakan, kondisi itu wajar karena Palangkaraya merupakan dataran rendah. Apalagi, banyak permukiman yang berada di tepi sungai dan cekungan. "Itu biasa tapi perlu diwaspadai," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com