Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kura-Kura Moncong Babi Tiba di Merauke

Kompas.com - 06/10/2011, 20:06 WIB
Erwin Edhi Prasetyo

Penulis

MERAUKE, KOMPAS.com — Kura-kura moncong babi (Carettochelys insculpta) selundupan yang pada Rabu dipulangkan kembali ke Indonesia dari Hongkong tiba di Merauke, Papua, Kamis (6/10/2011). Satwa yang dilindungi itu akan dilepaskan di alam liar di Bupul, Merauke, Papua.

Sebanyak 610 tukik atau anak kura-kura moncong babi itu tiba di Banadara Mopah, Merauke, sekitar pukul 10.00 menggunakan pesawat Merpati dari Jakarta.

Tukik itu dimasukan dalam lima peti. Sesampainya di Bandara Mopah Merauke langsung dibawa ke kantor KSDA Merauke dan selanjutnya langsung dibawa ke daerah Bupul, Distrik Elikobel, berjarak sekitar 240 kilometer dari Kota Merauke.

"Dicarikan tempat yang paling sesuai dengan habitat asli kura-kura moncong babi. Besok akan dilepaskan di Sungai Bupul," ungkap Suwarji Wakang, Staf Bidang Konservasi Sumber Daya Alam Merauke, di Merauke, Papua, Kamis.   

Kura-kura moncong babi disebut juga labi-labi. Satwa jenis reptil ini hidup di air tawar. Penyebarannya hanya di tiga negara, yakni Indonesia (Papua bagian selatan), Papua Niugini bagian selatan, dan Australia bagian utara. Habitatnya di rawa dan sungai, dan bertelur di pasir. Pemulangan kura-kura moncong babi, kemarin, oleh Kementerian Kehutanan itu setelah Pemerintah Hongkong menyita satwa dilindungi itu pada Januari 2011. (RWN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com