Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Wungu di Madiun Dibakar

Kompas.com - 23/09/2011, 17:24 WIB

MADIUN, KOMPAS.com — Kebakaran terjadi di hutan jati petak 298 A Resor Pemangkuan Hutan Wungu, Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan Dungus, Kesatuan Pemangkuan Hutan Madiun, Jawa Timur, Jumat (23/9/2011). Kebakaran itu menimbulkan asap hitam pekat yang membubung di udara  sehingga masyarakat bisa melihat dari jarak 5 kilometer.

Dari pantauan di lapangan, terdapat sedikitnya tiga titik lokasi kebakaran. Akan tetapi, Asisten Perhutani BKPH Dungus Suyanto mengatakan, kebakaran hanya terjadi di satu titik dengan luas areal yang terbakar mencapai 0,3 hektar.

”Penyebabnya diduga sengaja dibakar oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab,” ujar Suyanto saat dikonfirmasi.

Di Madiun, jumlah kebakaran hutan meningkat tajam selama musim kemarau. Wakil Administratur Perhutani KPH Madiun Bambang Cahyo mengatakan, selama 2011 hingga pertengahan Agustus lalu pihaknya sudah menerima 20 laporan kebakaran di hutan seluas 31.000 hektar tersebut.

Kebakaran hutan terjadi, antara lain, di BKPH Mojorayung, Caruban, Ngadirejo, Sampung, dan Sumoroto. Total luas areal hutan yang terbakar mencapai 42,35 hektar dan dipastikan sudah bertambah karena selama September tercatat terjadi beberapa kali kebakaran hutan. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com