Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Patung-patung Dijaga Polisi dan Tentara

Kompas.com - 18/09/2011, 16:36 WIB

PURWAKARTA, KOMPAS.com — Massa pengunjuk rasa sudah bubar, tetapi polisi dan tentara masih terlihat berjaga di sekitar sejumlah patung di kota Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (18/9/2011) sekitar pukul 15.30. Aparat mengantisipasi kemungkinan datangnya massa ke patung-patung yang telah diincar.

Hari ini tiga patung dirusak dan dibakar massa di Purwakarta, yakni patung Bima, Gatotkaca, dan Semar. Perusakan patung itu merupakan ketiga kalinya dalam beberapa bulan terakhir.

Menurut Kepala Polres Purwakarta Ajun Komisaris Besar Bahtiar Ujang Purnama, ada lima titik patung yang diincar, termasuk dua patung lain, yakni patung Nakula dan Arjuna. Polisi mengantisipasi berulangnya perusakan serupa dengan menjaga patung-patung tersebut.

Perusakan dipicu oleh perbedaan persepsi mengenai patung. ”Pemerintah daerah menggunakan perspektif budaya, sementara pihak yang kontra atas kebijakan itu menggunakan perspektif agama. Belum ada titik temu hingga kini,” kata Bahtiar.

Aksi massa sempat menghambat arus lalu lintas di jalan-jalan utama kota, antara lain Jalan Ibrahim Singadilaga, Jalan Ahmad Yani, Jalan Kapten Halim, dan Jalan Jenderal Sudirman. Namun, sejak pukul 14.00, massa berangsur meninggalkan pusat kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com