Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sampai Orang Bali Terpinggirkan

Kompas.com - 17/09/2011, 20:15 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com- Rencana pembangunan bandara di Kabupaten Buleleng, Bali, perlu ditunda jika belum ada peraturan daerah yang membawa investasi berkualitas. Jika dipaksakan, masyarakat Bali akan semakin terpinggirkan.

Demikian disampaikan Anggota DPR RI Komisi X Nyoman Dhamantra, Sabtu (17/9/2011) di Denpasar, Bali. "Jangan sampai orang Bali semakin terpinggirkan di daerah sendiri seperti orang Betawi," katanya.

Seperti diketahui, pemerintah berencana membangun bandara baru di Buleleng yang berada di utara Pulau Bali. Bandara itu dibangun untuk menampung kelebihan kapasitas di Bandara Ngurah Rai. Selain itu, bandara baru itu diharapkan mampu memeratakan perekonomian di kawasan Bali utara. Alasannya, selama ini pusat pertumbuhan ekonomi hanya berpusat di Bali selatan yang penuh tempat wisata utama seperti Kuta, Jimbaran, atau Nusa Dua.

Menurut Dhamantra, bandara boleh dibangun jika iklim investasinya berkualitas. Artinya investasi yang masuk juga dinikmati penduduk asli Bali sebagai tuan rumah.

Selama ini, keuntungan dari pariwisata itu lebih banyak dinikmati investor dari daerah lain. Tanpa peraturan daerah yang membawa investasi berkualitas itu, kata Dhamantra, yang akan terjadi justru pemerataan kesenjangan.

"Jika pusat investasi dikembangkan di Bali utara, maka yang dulunya hanya warga Bali di kawasan selatan yang terpinggirkan, nanti warga Bali di bagian utara juga ikut terpinggirkan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com